Tochaku Market Vol.3, Bazar Serba Pink yang Hadirkan Karya Kreatif Lokal

(Suasana dan beberapa booth di Tochaku Market Vol.3. Sumber: Dokumentasi Pribadi)


Sebuah bazar kreatif bernama Tochaku Market Vol.3 sukses digelar pada 24 hingga 25 Mei 2025, di kawasan Chillax Sudirman, Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema “pink island”, acara ini menghadirkan 98 brand lokal dengan konsep visual serba pink yang berhasil mencuri perhatian banyak pengunjung, khususnya anak muda.


Saat masuk ke area bazar, pengunjung akan disuguhkan dengan deretan booth bernuansa pink island yang memanjakan mata dan instagramable. Menariknya, Tocahku Market Vol.3 ini gratis untuk dikunjungi. Pengunjung hanya perlu mengikuti akun instagram resmi Tochaku Market. 


Konsep bazar yang terbuka dan mudah diakses ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Tochaku Market Vol.3 menjadi wadah bagi para pelaku usaha lokal kreatif untuk berekspresi dan memperluas produk handmade. Mulai dari fashion item, bag charm, tas, hingga cangkir, yang semuanya dikurasi dengan nuansa feminim. 


(Produk-produk di Tochaku Market–fashion item, bag charm, cangkir. Sumber: Dokumentasi Pribadi)


Salah satu booth yang menarik perhatian adalah la.ideas, sebuah usaha rumahan yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah yang memproduksi berbagai koleksi tas dan pouch handmade bergaya simple dan menggunakan warna-warna pastel, sehingga cocok digunakan bagi mereka yang menyukai penampilan minimalis tetapi unik.


Lalang Safitri (35) pemilik la.ideas mengatakan bahwa dirinya tertarik mengikuti bazar Tochaku Market Vol.3 karena konsep dan marketnya serupa dengan yang dicarinya. “Karena marketnya mirip sama yang aku cari ya, untuk anak SMA, anak kampus gitu kan cocok banget sama marketnya aku. Makanya aku ikut,” imbuhnya.


Selain itu, karena warna-warna yang dipilih la.ideas untuk koleksi tas dan pouchnya menggunakan warna-warna pastel, tema Tochaku Market Vol.3 “pink island” sejalan dengan konsep dari la.ideas itu sendiri. “Kalo untuk produk aku emang semua warnanya pastel sih, jadi pink cocok banget sama konsepnya aku juga,” tambah Lalang Safitri. 


Dengan adanya bazar brand lokal Tochaku Market Vol.3 ini tentu memberikan pengaruh bagi usahanya, terlebih berasal dari luar Jakarta. “Aku makin banyak dapet orang-orang baru, kan aku dari luar kota nih, seringnya aku di daerah Jawa Tengah, aku ikut market di Jakarta jadi memperluas marketnya aku juga,” ucap Lalang Safitri pemilik la.ideas.


Bagi sebagian pengunjung, Tochaku Market Vol.3 menjadi alternatif tempat hiburan yang berbeda dari biasanya. Selain bisa berbelanja langsung ke pelaku usaha lokal, mereka juga bisa melakukan eksplorasi booth estetik dan melihat barang-barang lucu. “Aku tertarik ke Tochaku Market karena kan dia banyak brand-brand lokal yang lucu-lucu yang jarang diketahui orang. Jadinya aku ke sini,” ucap Andrea Sekar Tadji (19) pengunjung Tochaku Market. 


Menurutnya, Tochaku Market Vol.3 yang menggunakan warna “pink island” sebagai temanya memberikan kesan summer dan membuatnya antusias untuk berkunjung menggunakan baju berwarna pink. “Menurut aku memberikan kesan summer ya, karena kan pink gitu pink kalem. Aku juga janjian pake pink-pink karena biar nyamain temanya,” tambahnya.


Adapun harapan yang diberikan Andrea untuk Tochaku Market selanjutnya agar bisa memperluas tempat bazarnya. “Tempatnya bisa diperluas lagi, lebih banyak tenant-tenant lokal yang berkesempatan hadir,” tutupnya.


Tochaku Market menunjukkan bahwa mendukung produk lokal bisa dikemas  menyenangkan dan penuh kreativitas. Harapannya, acara seperti ini bisa terus hadir secara berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak kota di Indonesia.


Lihat Tochaku Market Vol.3, Bazar Serba Pink yang Hadirkan Karya Kreatif Lokal atau baca utasnya di sini.


Kata Kunci: Tochaku Market, Pink Island, Produk Lokal


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wadah Dinamis untuk Produk Lokal yang Terus Tumbuh, Peer Point Market Vol. 13

Brand Lokal Menjadi Arsip Budaya Masa Depan, Makna di Balik Tema Event Brightspot 2025